Tuesday, March 28, 2023

Seberapa Penting Sebuah DIRECT BOX?




Bagi banyak musisi dan sound engineer, DI box mungkin hanyalah sebuah kotak kecil yang mengubah konektor. Tetapi DI Box melakukan lebih dari itu, dan seperti halnya mikrofon, ada banyak pilihan, tergantung pada aplikasi dan hasil yang diinginkan.

Mengapa harus menggunakan DI Box?

Fungsi utama dari direct box adalah untuk mengubah sinyal impedansi tinggi yang tidak seimbang dari instrumen menjadi sinyal impedansi rendah yang seimbang yang kompatibel dengan P.A. atau sistem perekaman.

Sinyal impedansi tinggi seperti kabel koaksial ¼” dari gitar atau bass jauh lebih rentan menangkap noise dari medan magnet dan frekuensi radio dari catu daya, dimmer, lighting system, amplifier gitar, dan kabel daya di dekatnya. Biasanya, kabel gitar koaksial tidak boleh melebihi 25′.

Kabel impedansi rendah yang seimbang-biasanya diakhiri dengan kabel XLR 3-pin yang dapat memanjang hingga ribuan kaki, karena kabel ini menggunakan desain twisted-pair yang menghambat kebisingan. (Perusahaan telepon telah menggunakan kabel twisted-pair selama lebih dari 100 tahun untuk alasan ini).

Mencocokkan impedansi input tinggi dari instrumen dengan benar dan mengubahnya menjadi impedansi rendah juga membantu mempertahankan nada alami instrumen.

DI Box Aktif vs Pasif

Direct box tersedia dalam dua kategori umum: aktif dan pasif. Mirip dengan mikrofon dinamis, direct box pasif tidak memerlukan daya untuk bekerja. Mesin di dalamnya adalah transformator audio. Dan seperti halnya mikrofon dinamis, kita dapat “menggelontor” ke sebuah direct box dengan sumber output yang sangat tinggi dan tidak akan mengalami distorsi. Faktanya, transformator tidak mendistorsi; mereka memberikan saturasi. Saat kita meningkatkan input, transformator bertindak seperti pembatas atau kompresor alami, dan, tergantung pada kualitasnya, menghasilkan nada hangat yang sering disebut sebagai “suara vintage.”

Trafo berbiaya rendah dibuat di sekitar inti baja, sedangkan trafo yang mahal, seperti yang dibuat oleh Jensen Transformers Inc. menggunakan nikel. Nikel cenderung lebih disukai karena menghasilkan nada yang jauh lebih alami dengan distorsi harmonik yang lebih sedikit. DI box pasif cenderung lebih disukai untuk instrumen dengan output tinggi seperti keyboard dan bass aktif.

 

Fitur Standar Pada DI Box

Sebagian besar direct box menyertakan pad, yang terkadang diaktifkan ketika sinyal input sangat hot sehingga menyebabkan box kelebihan beban sebelum waktunya. Fitur pembalik polaritas 180° memiliki dua fungsi. Terutama, fitur ini dapat digunakan untuk berinteraksi dengan peralatan lama yang mungkin tidak terhubung ke standar AES pin-1 ground, pin-2 positif, dan pin-3 negatif. Fungsi ini juga dapat digunakan untuk tujuan kreatif ketika menggabungkan mikrofon dan sinyal DI, untuk membuat sinyal gabungan lebih cocok secara musikal. Sakelar ground-lift mengurangi noise dari ground loop dengan mengangkat audio ground (pin-1), sehingga sumber dan tujuan mendapatkan ground masing-masing dari sistem daya.

DI box aktif seperti mikrofon kondensor yang membutuhkan daya 48 volt atau baterai agar dapat berfungsi. Daya digunakan untuk menguatkan sinyal dan seperti halnya amplifier lainnya, dynamic range dibatasi oleh daya yang tersedia. Karena baterai cenderung mati pada waktu yang paling tidak tepat, sebagian besar kotak DI aktif menggunakan phantom 48 volt untuk memberi daya pada rangkaian, yang pada gilirannya akan melakukan konversi impedansi dan penyeimbangan. Masalahnya di sini adalah, jika kita menemukan noise dan mengangkat ground, fungsi ini akan mematikan daya phantom 48V, dan mengalihkan daya ke baterai. Beberapa desain yang lebih baru (misalnya, Radial J48) memungkinkan ground terangkat tanpa kehilangan daya, sehingga meniadakan kebutuhan akan baterai.

No comments:

Post a Comment