Monday, March 6, 2023

Apakah Novation Launchkey 88 Mk3 Adalah Sebuah Gamechanger?



Ulasan mendalam tentang Novation Launchkey 88 Mk3 oleh Chris Senner, seorang musisi tur sekaligus pemilik majalah Keyboard Kraze

Novation telah meluncurkan inovasi terbarunya yang saya yakini sebagai pengubah permainan secara total: Launchkey 88 MK3. Setelah memiliki tuts MK3 37 selama setahun terakhir, saya mendapatkan kabar tentang MK3 88 dan bisa mendapatkannya lebih awal.

Novation Launchkey 88 MK3 memberikan musisi sebuah keyboard 88 tuts yang terjangkau namun bertenaga dan dinamis yang dibuat untuk perjalanan tur mereka. Para pemain keyboard pasti ingin mendapatkannya untuk ditambahkan ke rig mereka. Launchkey 88 MK3 menetapkan standar untuk pengontrol MIDI 88 tuts yang terjangkau dan sangat andal dalam pengaturan live.

Dalam hal manggung dan kompatibilitas dengan Ableton Live, Novation selalu berhasil. MK3 88 tidak akan mengecewakan Anda dalam hal ini. Jika Anda seperti saya, keyboard MIDI 88 tuts sangat penting untuk bagian dari peralatan keyboard Anda. Meskipun saya menulis ulasan ini dengan mengetahui bahwa saya akan menyukai MK3 88, ada beberapa hal yang mengejutkan saya.

Sekilas tentang Launchkey MK3 88

Pikiran pertama saya saat membuka kotaknya adalah bahwa Novation telah membuat opsi 88 tuts yang ramah untuk tur. Keyboard ini merupakan salah satu pengontrol 88 tuts paling ringan yang pernah saya rasakan, namun konstruksi rakitannya kokoh.

Saat tur, saya memperhatikan bahwa sebagian besar keyboardist memiliki Launchkey 49 atau 61 sebagai bagian dari rig keyboard mereka karena Launchkey sangat kuat, ringan, dan dapat diandalkan. Hal yang sama juga terjadi pada Launchkey 88, dan saya yakin kita akan mulai melihat keyboard ini sebagai bagian dari rig para kibordis.

Dengan hampir semua hal positif yang dapat dikatakan tentang Launchkey, saya ingin menyinggung perhatian utama saya sebelum mencobanya. Launchkey MK3 88 hadir dengan tuts semi-weighted, bukan tuts weighted. Saya akan membahas hal ini secara lengkap nanti di artikel ini, tetapi saya akan mengatakan bahwa tutsnya terasa jauh lebih baik daripada yang saya perkirakan.

 

Kelebihan

  • √ Sepenuhnya kompatibel dengan semua DAW utama
  • √ Pad drum memiliki sentuhan akhir dan terasa jauh lebih baik daripada model sebelumnya
  • √ Sembilan fader
  • √ Harga yang terjangkau
  • √ Desain ramping dan ramping
  • √ Ringan (18 lbs)

Kekurangan

  • √ Tidak memiliki tuts yang full-weighted
  • √ Tidak ada aftertouch pada tuts

 

Fitur Utama

MK3 88 mengemas beberapa fitur hebat dan menyertakan perangkat lunak yang dibundel; mari kita lihat.

  • √ Dioptimalkan sepenuhnya untuk Ableton Live – Salah satu pengontrol MIDI Ableton favorit saya
  • √ Memetakan ke hampir semua DAW utama
  • √ 16 velocity-sensitive pad dengan lampu latar RGB dengan aftertouch
  • √ Pitch bend /modulation wheel
  • √ 8 kenop dan 9 slider
  • √ MIDI out 5-pin
  • √ Transport control
  • √ Arpeggiator
  • √ Termasuk kabel USB
  • √ Termasuk Ableton Live 10 Lite

 

Desain

Secara keseluruhan, Launchkey MK3 88 memiliki desain yang solid. Saya menyukai penempatan mod wheel dan pitch bend karena saya dapat dengan mudah menggunakan tangan kiri saat menggunakannya. Anda akan melihat bahwa Novation membuatnya sangat sederhana dengan kontroler ini. Saya yakin fokus utamanya adalah untuk menyediakan peralatan yang dapat diandalkan namun terjangkau bagi para musisi dengan anggaran terbatas, dan mereka berhasil melakukannya.

 

 

Berikut ini adalah dimensi dari Launchkey:

  • √ Tinggi: 3.43″
  • √ Lebar: 50.0″
  • √ Kedalaman: 11.26″
  • √ Berat: 18.lbs

 

Key Action

Saya sudah menduga bahwa key action-nya agak kasar. Namun, yang mengejutkan saya, ternyata tidak sekasar itu. Meskipun tuts tidak sepenuhnya weighted, key action yang baik masih memungkinkan untuk melakukan run dan solo yang rumit.

Anda juga tidak akan merasa bahwa Anda akan mematahkan tuts ketika bermain secara agresif. Tuts juga dapat kembali ke posisi statisnya dengan cukup cepat, yang tidak selalu terjadi pada papan semi-weighted.

 

Scale Mode

Launchkey 88 MK3 88 menghadirkan Scale Mode, yaitu mode yang memungkinkan Anda bermain dalam mode yang mungkin tidak Anda kenal sebelumnya. Hal ini tidak terlalu mengejutkan saya, dan menurut saya ini adalah fitur yang bagus karena tidak semua produser musik memiliki latar belakang teori musik yang kuat.

Meskipun saya memiliki latar belakang teori musik, tetap saja menyenangkan untuk bermain-main dengan hal ini ketika mengutak-atik salah satu VST bass saya.

 

Pentingnya 5-Pin MIDI Out

Anda dapat mengontrol synthesizer perangkat keras atau perangkat eksternal dari MK3 88 Anda dan menurut saya ini sangat rapi, baik saat Anda berada di studio atau tampil di panggung.

Catatan* Saya tidak ingat bahwa ini merupakan fitur pada model-model Launchkey yang lebih lama.

 

 

Sempurna Untuk Tur

Desain MK3 88 yang ringan dan ramping membuatnya sangat cocok untuk tur. Meskipun ringan, namun masih memiliki banyak fitur dan kemampuan, serta daya tahan yang moderat untuk bertahan di jalan.

 

Vs. Kompetitor

Ketika membandingkan MK3 88 vs kompetitornya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang paling penting adalah tidak ada yang benar-benar berada di titik harga ini dengan 88 tuts yang menandinginya.

Meskipun Anda memiliki beberapa pengontrol keyboard MIDI yang hebat, seperti Arturia Keylab MKII dan Roland A-88 MK II, selisih harganya mencapai $600.

Menurut pendapat saya, jika Anda ingin menghabiskan di bawah $500 untuk controller MIDI dengan 88 tuts, ini adalah pilihan terbaik yang tersedia saat ini.

 

Persyaratan Teknik
Seperti halnya peralatan baru lainnya, ada beberapa persyaratan untuk Launchkey MK3 88. Di bawah ini adalah persyaratan penting:

  • √ Mac: macOS 10.15 atau yang lebih baru
  • √ PC: Windows 8

No comments:

Post a Comment