Tuesday, March 3, 2015

ALLEN & HEATH QU-PAC : KECIL-KECIL CABE RAWIT

Hello... Beberapa waktu lalu, bersamaan dengan penyelenggaraan NAMM Show 2015, Allen & Heath secara resmi memperkenalkan Qu-Pac. Nah, sambil menunggu kedatangannya masuk ke Indonesia, mari kita bahas beberapa keunggulan dan fungsi dari mixer mungil ini.



Mixer ini sebenarnya mempunyai semua kelebihan dari pendahulunya Qu-Series, hanya saja tanpa fader. Qu-Pac sendiri di aplikasikan untuk venue kecil, sekolah, ruang meeting, dan studio rekaman. Mixer ini ditujukan memang untuk wireless live mixing, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk studio rekaman juga.

Qu-Pac secara fisik mempunyai 16 input (sama seperti Qu-16) tetapi memiliki DSP dari Qu-32, artinya mixer ini dapat di expand menjadi 38 input melalui dSnake expander dan AB168 audiorack. 

Fitur-fitur baru seperti audio ducker, dan juga custom permission, membuat Qu-Pac cocok untuk instalasi gedung dimana kebutuhannya untuk sistem paging ataupun BGM. Bentuk fisiknya yang kecil sehingga mudah untuk disembunyikan jika di inginkan. Custom permissionnya juga dapat memudahkan engineer untuk membuat preset dimana user non-technical pun dapat memakainya dengan mudah (contoh, preset dimana user hanya dapat merubah level dari zone tertentu).



Tetapi, didunia wireless sekarang ini juga tidak dapat menjamin koneksi yang seratus persen bebas masalah, untuk itu Qu-Pac pun tetap dapat digunakan secara lokal (tanpa interface wireless). Semua fitur dan processing dari Qu-Pac dapat di atur di front panel dan rotary button-nya.


Satu hal yang menarik untuk dibahas adalah ketika Qu-Pac di pakai untuk aplikasi studio rekaman. Karena bentuknya yang kecil, Qu-Pac pun dapat di letakan di desk recording, lalu di stack dibawah display monitor. Perfect!

Fitur multitrack USB recordingnya pun dapat di manfaatkan sebagai backup ataupun sebagai demo mix untuk pemain bandnya, cukup hanya dengan External HDD tanpa harus melalui DAW.

Fasilitas wireless mixing-nya pun dapat di manfaatkan untuk personal monitoring. Penyanyi hanya tinggal membawa iPad ataupun iPhone dan dapat me-mixing sendiri monitor mereka pada saat rekaman (selain menggunakan ME-1 – personal monitoring Allen & Heath untuk mixer digital Allen & Heath)


Audio Processing dari Qu-Pac pun dapat digunakan, hal ini akan mengurangi beban DSP dari DAW anda. Untuk spesifikasi teknis, silahkan baca lagi di tulisan tentang Qu-Pac sebelumnya.

Sangat menarik bukan? Tunggu ulasan-ulasan selanjutnya untuk Qu-Pac! (video demo Qu-Pac?)

No comments:

Post a Comment