Monday, February 23, 2015

FOCUSRITE CLARETT (NAMM Review Part. 3)

by Richard Frank Taihutu

Satu lagi review menarik dari NAMM 2015 yang saya akan bagikan, kali ini dari dunia recording. Perkenalkan flagship terbaru dari Focusrite, Clarett!!! (Ssst, baca terus kebawah dan ada kejutan dari Focusrite!)

Di NAMM 2015 lalu, saya sempat terkejut melihat booth Focusrite yang sangat ramai sekali, bahkan penuh. Karena penasaran saya ikut maju untuk melihat. Ternyata booth ini lagi ramai karena banyak orang antri untuk mencoba flagship terbaru Focusrite untuk audio interface mereka.



Dengan mengusung nama Clarett, flagship ini mempunyai varian yang cukup banyak untuk mengisi setiap kebutuhan recording Anda. Mulai dari 2 sampai dengan 8 channel mic pre. Dan tidak berhenti sampai disitu saja, setiap

varian Clarett dapat di expand melalui ADAT. Artinya, walaupun Anda; misalnya membeli Clarett 2 Pre (2 mic pre) anda masih dapat meng-expand hingga 8 channel lagi melaui ADAT (contoh: Focusrite Octopre). Anda pun dapat menggabungkan Clarett dengan preamp lain pilihan Anda tanpa mengorbankan input channel Clarett.



Desain dari Clarett sendiri menurut saya sangat modis. Dengan warna merah yang lebih menyala dari Scarlett, produk ini juga memakai tombol rotary seperti di Scarlett.

Oh, saya hampir lupa, mungkin anda menganggap “ah, audio interface sih sudah biasa!” atau “jangan-jangan cuma akal-akalan focusrite untuk ganti nama Scarlett doang”... tunggu dulu, apakah tadi saya sudah bilang bahwa Clarett memakai Thunderbolt?!



Bayangkan, dengan memakai interface Thunderbolt, Anda tidak akan mempunyai masalah dengan latency lagi (Anda bahkan dapat melakukan monitoring langsung dari software DAW Anda). Anda juga akan mempunyai fleksibilitas untuk memakai platform apapun untuk Clarett, baik Apple Macbook maupun PC. Karena Thunderbolt sudah sangat populer dan sangat kompatibel di berbagai platform.

Fitur-fitur unggulan lain adalah Preamp Clarett yang di model dari preamp legendaris Focusrite ISA. Audio interface ini juga menjanjikan konversi audio crystal clear, anda akan mendapatkan kualitas audio terbaik dan superior.

Berikut spesifikasi teknis Focusrite Clarett:

    New Clarett preamps model the classic ISA design
    Mic Pre EIN = -128dB
    World class dynamic range: 116dB A/D and 118dB D/A
    Latest Thunderbolt technology ensures interface latency of under 1ms
    24-bit, 192 kHz sample rates
    Flagship Clarett 8Pre X designed for permanent professional studio install
    New 64-bit AAX, AU and VST compatible Red 2 and Red 3 Plug-in Suite
    Detailed metering
    All expandable over ADAT
    Includes MIDI i/o

    Mac and PC Compatible (Thunderbolt port required)



Kabar gembira bagi Anda yang ingin membeli Scarlett, Saffire, Forte atau pun Clarett; plugin legendaris focusrite RED Plugins akan anda dapatkan GRATIS untuk setiap pembelian!!! Jangan ketinggalan! Hubungi Kairos Multi Jaya untuk informasi lebih lanjut.


-RFT-

No comments:

Post a Comment