Wednesday, October 11, 2017

CASIO GP500 - Celviano Grand Hybrid Piano


CASIO Celviano Grand Hybrid berhasil mereplikasi 3 piano terkenal dunia hingga ke aspek terkecil dan akurat. Ketiga piano tersohor tersebut adalah Berlin, Hamburg, dan Wina yang dipilih untuk proyek ini. CASIO sangat bersungguh-sungguh dalam meneliti dan menganalisis karakteristik unik setiap piano. Dengan teknologi dan riset yang berkelanjutan, CASIO berhasil menghadirkan keindahan dan sound khas ketiga piano tersebut kedalam Celviano Grand Hybrid. Piano ini memberikan Anda pengalaman memiliki tiga piano terbaik dunia.

Berikut deskripsi dan karakter masing-masing piano tersebut:


1. Berlin [Berlin Grand]

Piano ini memiliki sound yang elegan dan seimbang. Cocok untuk memainkan musik impresionistis. Terkenal dengan nada yang nyaring dan jelas di keseluruhan rentang nadanya.



2. Hamburg [Hamburg Grand]

Karakter sound yang jernih dan kaya dari piano ini sangat disukai pianis karena memiliki kisaran ekspresi yang luas. Sesuai untuk berbagai gaya bermain dan aliran musik.



3. Wina [Vienna Grand]

Terkenal dengan nada rendah yang mengesankan. Cocok untuk permainan yang lembut dan kuat dengan suaranya yang bernuansa hangat. Alat musik yang tepat untuk musik periode klasik.




Untuk mencapai objektif yang diinginkan, CASIO bekerjasama dengan C. Bechstein untuk sound khas Berlin Grand. CASIO menginginkan suara yang jernih, seimbang, dan elegan untuk CELVIANO Grand Hybrid. D282, karya besar C. Bechstein, adalah model yang dipelajari CASIO secara intensif untuk mencapai tujuan tersebut. Mr. Albrecht, Direktur Layanan dan Master Pembuat Piano C. Bechstein, mengunjungi R&D CASIO untuk mengawasi proses pengembangan suara hingga ke modifikasi akhir.


Tentang C. Bechstein

Sejak Carl Bechstein mendirikan fasilitas produksi Pianoforte di Berlin tahun 1853, nama C. Bechstein langsung mencerminkan kelas tertinggi untuk piano upright dan piano grand. Piano C. Bechstein telah mendapat pengakuan dari banyak komposer dan musisi terkenal atas kualitas sentuhan dan suaranya yang sangat baik selama bertahun-tahun. Di abad ke-21, C. Bechstein tetap dikenal sebagai salah satu produsen piano terdepan di dunia.



AIR Grand Sound Source

CELVIANO Grand Hybrid menggunakan AiR Grand Sound Source, sistem yang baru dikembangkan menggunakan teknologi suara CASIO yang tercanggih. Sistem ini memiliki banyak fitur yang mengesankan. Peralihan multi-dimensional menghasilkan perubahan yang mulus antara permainan yang lembut dan keras. Simulator Akustik meniru karakteristik suara yang dihasilkan piano grand akustik. Keaslian yang dihasilkan AiR Grand Sound Source memastikan pengalaman bermain piano yang sesungguhnya.

Multi-Dimensional Transition

Pada piano grand akustik, volume dan kualitas suara berubah sejak tuts ditekan hingga berhenti. Teknologi Peralihan Multi-dimensional CASIO memungkinkan transisi volume dan warna suara yang mulus dan alami berdasarkan kekuatan penekanan tuts. Teknologi ini menghasilkan permainan piano yang lebih ekspresif.



Sistem Resonansi

Jenis resonansi pada grand piano sangat penting bagi pengalaman bermain piano. CELVIANO Grand Hybrid menggunakan Resonansi Senar, yang menghasilkan hubungan harmonis antara senar-senar berbeda saat tuts ditekan. Selain itu, Resonansi Damper menghasilkan resonansi yang muncul saat pedal damper diinjak. Khusus untuk GP-500BP, ada juga Resonansi Open String dan Resonansi Aliquot. Sistem Resonansi CASIO menghasilkan resonansi senar dan papan suara piano grand dengan memilih, mengontrol, dan memadukan sesuai kebutuhan.





Simulasi Suara Mekanik

Grand piano juga menghasilkan beberapa jenis suara mekanis, yang merupakan bagian penting dari pengalaman bermain. CASIO ingin memberikan simulasi yang lebih nyata dengan menghasilkan suara 'mekanis' tersebut. Ada empat jenis suara pengoperasian yang tersedia, dan masing-masing volumenya bisa diatur atau dimatikan secara terpisah.



Simulator Key Off

Sustain yang dihasilkan grand piano berbeda-beda, tergantung pada seberapa cepat pemain melepaskan jari dari tuts setelah menekannya. Menggunakan metode yang sama, Simulator Key Off CASIO mengontrol panjangnya suara tersebut berdasarkan kecepatan pelepasan tuts. Ini memungkinkan pemain mengekspresikan detail yang rumit saat memainkan staccato dan legato.



Respons Hammer

Lamanya sustain suara grand piano bergantung pada tuts yang dimainkan, bahkan saat tuts dimainkan dengan penekanan yang sama. Untuk memperoleh keaslian yang optimal, CASIO memasang pengaturan yang tepat untuk masing-masing suara ketiga piano grand tersebut. Waktu produksi suara juga bisa diatur untuk menyesuaikan dengan pemain.



Keyboard Grand Natural Hammering Motion

CASIO mengembangkan sistem keyboard baru yang disebut “Keyboard Grand Natural Hammering Motion” untuk memberikan sentuhan piano yang sesungguhnya. Sistem keyboard ini menampilkan tuts kayu ukuran penuh dan palu yang mengikuti jalur gerakan yang sama seperti dalam piano grand concert. CELVIANO Grand Hybrid memiliki tuts yang dibuat dengan bahan yang sama dengan tuts piano grand akustik. Perhatian mendetail bukan hanya diberikan kepada lapisan akhir permukaan tuts tapi juga pada kualitas kayu yang digunakan untuk bantalan tuts. Gabungan mekanisme gerak yang luar biasa dan bahan tuts berkualitas tinggi semakin meningkatkan sensasi memainkan piano grand akustik.



1. Mekanisme gerak Tiga-Sensor Orisinal

Inti performa keyboard CELVIANO Grand Hybrid diciptakan oleh mekanisme gerak ciptaan CASIO. Mekanisme ini termasuk gerakan palu yang dibuat berdasarkan palu piano grand dan tiga buah sensor, yang secara akurat menangkap ekspresi pemain dari tuts yang ditekan. Karena tidak ada senar fisik, gerak CASIO bisa melampaui karakteristik penampilan piano grand, yang memberikan aksi permainan unggul sehingga pianis bisa melakukan aksi seperti trill dan nada berulang dengan mudah.

2. Bahan permukaan keyboard

Menggunakan akrilik untuk tuts putih dan fenol untuk tuts hitam — bahan yang sama yang digunakan pada piano grand modern. Ini menciptakan sentuhan yang hangat dan akrab. Pianis akan merasa nyaman dan percaya diri memainkan tuts CELVIANO Grand Hybrid.

3. Jarak titik tumpu dari tuts

Posisi titik tumpu terhadap tuts sama persis dengan yang ada pada piano grand. Ini menghasilkan penampilan permainan yang stabil, karena sentuhan tidak bisa menjadi lebih berat atau lebih ringan akibat perbedaan posisi jari saat menekan tuts.

Keyboard dibuat dari kayu spruce Austria kualitas tinggi yang sama dengan yang digunakan piano grand C. Bechstein. Perhatian mendetail diberikan untuk pengeringan dan pengolahan bahan kualitas tinggi ini sebelum keyboard mulai dibuat.

No comments:

Post a Comment