Tuesday, April 4, 2023

Merayakan Grammy Awards ke-65 dengan DiGiCo



Grammy Awards ke-65, yang berlangsung pada hari Minggu, 5 Februari 2023 lalu di Crypto.com Center di pusat kota Los Angeles, merupakan acara yang lebih sibuk dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Meskipun mungkin tidak ada banyak penampilan lagu individu seperti acara Grammy Awards sebelumnya, acara ini lebih dari sekadar menebusnya dengan produksi yang lebih kompleks, terutama dengan 35 rapper dan empat DJ yang mengubah panggung menjadi sejarah rap selama 15 menit, termasuk Missy Elliott, Big Boi, Run-D.M.C., Queen Latifah, Method Man, Public Enemy, Busta Rhymes, DJ Jazzy Jeff, serta Grandmasters Flash dan Melle Mel, yang didukung oleh kombinasi lagu dan penampilan langsung dari Roots. Untuk mendapatkan dan menjaga semua audio tersebut tetap dalam performa terbaiknya, menjadi tanggung jawab barisan mixer veteran dan para pemain bintang konsol mix DiGiCo, yang disediakan melalui ATK Audiotek/Clair Global, vendor tata suara untuk acara tersebut.

Dua konsol Quantum7 ditempatkan di depan, diawaki oleh Ron Reaves dan Michael Parker, yang secara bergantian memadukan pertunjukan live dari para artis yang tampil malam itu, termasuk Harry Styles, Bonnie Raitt, Lizzo, dan Adele, yang kesemuanya juga merupakan pemenang kategori pada malam itu. Meja Quantum338 juga berbagi platform FOH dengan mereka, di mana mixer produksi Jeff Peterson menggabungkan dua feed FOH yang bergantian dengan elemen produksi-audio seperti intro, pengumuman dan pidato penerimaan dari podium.

Dua Quantum7 lainnya di area monitor, diawaki oleh Tom Pesa dan Andres Arango, yang mencerminkan pembagian panggung di mana satu pertunjukan akan berlangsung sementara pertunjukan berikutnya disiapkan di belakang layar “close-down” yang menjaga fokus pada pertunjukan. Semua konsol Quantum terhubung pada loop jaringan Optocore, masing-masing dengan pelengkap SD-Racks dan SD-MiNi Racks.

“Quantum7 merupakan konsol terbaik untuk pekerjaan ini,” kata Ron Reaves, yang sedang melakukan mixing untuk acara Grammy Awards yang ke-20. “Konsol ini menyajikan platform yang sangat bagus dan sangat kuat yang memungkinkan melakukan apa pun yang kita inginkan dan menempatkan apa pun yang kita inginkan di mana pun di dalamnya,” katanya. “Template saya adalah 168 fader terbuka, jadi saya harus siap untuk apa pun, dan saya menggunakan konsol tersebut, karena memiliki tenaga yang saya butuhkan untuk berbagai macam pertunjukan.”

Dengan lebih dari dua lusin artis yang tampil di acara tersebut, ia menghabiskan waktu untuk setiap lagu selama latihan dan soundcheck untuk berkonsultasi dengan mixer FOH mereka, dan konsol SD-Range dari Quantum sangat memudahkan hal tersebut. Kesibukan latihan Grammy Awards yang berlangsung selama tiga hari menjelang acara Minggu malam membuat keakraban itu menjadi sangat penting. “Semua teknisi tamu mengetahuinya dan sudah terbiasa,” katanya. “Ini memberi kami bahasa yang sama, dan hal ini membuat produksi yang sangat kompleks seperti Grammy Awards tetap berjalan dan sesuai jadwal. Kemampuan snapshot-nya luar biasa.”

Demikian pula, kekuatan bawaan Quantum7 membantu menjaga alur kerja tetap stabil. Sebagai contoh, Reaves mencatat bahwa meskipun front of house dan monitor menggunakan preamp yang sama, preamp yang terakhir cenderung membuat mereka lebih panas. “Gain structure dan cara kerja saya akan mengurangi tekanan pada preamp, tetapi jika mereka mulai hampir menyentuh clip, saya masih memiliki banyak headroom pada preamp yang sama,” jelasnya. “Antara kekuatan dan fleksibilitas, ini adalah satu-satunya konsol yang dapat melakukan hal ini.”

Rekan Reaves di platform FOH, Michael Parker, setuju, menyebut Quantum7 sebagai “Rolls Royce-nya konsol.” Selama Grammy Awards, ia menggunakan kompresor multiband Chilli 6 dari Spice Rack pada banyak vokal yang ia mix, termasuk saat penampilan Stevie Wonder.

“Kompresor ini sangat bagus untuk melembutkan vokal dalam rentang tertentu, antara sekitar 2k dan 5k,” jelasnya. Permukaan kerja Quantum7 yang sangat fleksibel menjadi anugerah selama acara perayaan 50 tahun segmen hip-hop yang terkenal, ketika dia dan Reaves mengubah alur kerja mereka: alih-alih memadukan pertunjukan di satu sisi atau sisi lain dari panggung yang terpisah, Parker menangani semua vokal untuk seluruh panggung sementara Reaves memadukan trek musik, live band, dan tiga DJ.

“Di jaringan, kami semua memiliki akses ke semua input, dan Quantum7 memungkinkan kami mengonfigurasi setiap konsol dengan mudah untuk setiap produksi,” ujar Parker, yang baru-baru ini juga menggunakan Quantum338 di acara The Masked Singer dari Fox. “Dan mic pre Stadius 32-bit juga sangat bagus untuk digunakan dalam acara itu. Semuanya terdengar sangat bagus.”

Di monitor, Pesa menangani IEM untuk panggung kanan dan Arango untuk panggung kiri, dan keduanya menggunakan konsol DiGiCo Quantum7, di mana ini adalah acara Grammy Awards ketiganya. Pesa, yang sedang berada di Grammy Awards ke-23, mengatakan bahwa  dasar monitor untuk Grammy Awards adalah fundament channel template yang dibangun di atas surface Quantum7. Hal ini kemudian disalin dan disesuaikan untuk setiap artis, agar dapat dipanggil kembali dengan cepat saat acara berlangsung. Namun, kedua mixer harus waspada terhadap perubahan di menit-menit terakhir. Pesa mengingat pada edisi 2014, penampilan Paul McCartney dipindahkan dari satu sisi panggung ke sisi lainnya, 30 menit sebelum ia melakukan sound check. “Kami harus segera membuat template baru untuk itu,” katanya. “Anda ingin memiliki setiap parameter di ujung jari Anda setiap saat, karena Anda tidak pernah tahu kapan Anda harus melakukan penyesuaian dengan cepat. Tantangan terbesar adalah menjaga sebanyak mungkin opsi yang tersedia, bahkan saat Anda mencoba merampingkan setiap templat untuk setiap artis agar tetap mudah dikelola. Quantum7 sangat membantu dalam hal ini.”

Andres Arango menemukan bahwa fleksibilitas Quantum7 merupakan penyelamat pada monitor untuk peringatan 50 tahun segmen hip-hop. “Tom dan saya sangat kagum pada seberapa cepat dan akuratnya kami dapat mengerjakan nomor produksi yang cukup sibuk,” katanya. “Questlove memanggil setiap penampil sebelum mereka naik ke atas panggung dan memberikan hitungan mundur melalui mikrofon talkback. “Ice-T-satu, dua, tiga, empat, mulai! Busta Rhymes-satu, dua, tiga, empat, lanjutkan!  Dan Quantum7 terus mengikutinya. Saya rasa tidak ada konsol lain yang dapat menangani pertunjukan yang bergerak cepat sebaik itu.”

No comments:

Post a Comment